Cara uninstall / menghapus Windows 8

By | on 11 Okt, 2013 | 19 Comments

Jadi anda telah memutuskan untuk menghapus Windows 8 dari PC Anda, namun Anda tidak paham bagaimana cara untuk meng-uninstall atau menghapus Windows 8? Jika Anda menjalankan Windows 8 dengan dual boot dengan Windows 7, Anda akan dapat dengan mudah dan aman menghapus Windows 8 dari komputer Anda.

Tampilan Windows 8

CATATAN: Semua data pada partisi Windows 8 akan terhapus ketika menghapus Windows 8. Backup data anda pada partisi Windows 8 sebelum menghapusnya.

Jika Anda telah menginstal Windows 8 di dual boot dengan Windows 7 pada partisi yang terpisah, Anda dapat menguninstall Windows 8 dengan cukup mudah. Cukup ikuti langkah berikut untuk menghapus Windows 8 dari PC Anda.

1. Jalankan Windows 7 Anda. Download perangkat gratis kecil bernama EasyBCD dan install software tersebut. Saya menggunakan software ini untuk menghapus entri Windows 8 dari Windows Boot Manager.

2. Jalankan aplikasi EasyBCD. Jika ada nofikasi User Control dialog Account (UAC), klik Yes.

3. Pada jendela aplikasi EasyBCD, pada panel kiri, klik pada tombol Edit Boot Menu untuk melihat semua entri menu boot yang ada. Di sini, Anda dapat melihat entri boot Windows 8 atau Windows Developer Preview.

4. Pilih pada entri Windows 8 atau WindowsDeveloper Preview, klik tombol Delete. Klik Yes untuk konfirmasi. EasyBCD akan menghapus entri Windows 8 dari menu boot. Klik Save Settings dan keluar dari aplikasi.

5. Karena Anda telah menginstal Windows 8 pada partisi terpisah, sekarang Anda dapat memformat partisi tersebut untuk mendapatkan disk space yang lebih banyak. Untuk memformat drive, buka Computer (My Computer), klik kanan pada drive Windows 8 dan klik Format.

6. Pilih File System pada NTFS dan klik tombol Start untuk memformat partisi Windows 8 tadi. Setelah selesai, Anda akan melihat pesan Format Complete.

7. Selamat, Anda telah berhasil menghapus atau uninstall Windows 8.

Tags: Uninstall

Author Description

Author

Netrix Ken
  • Author Contacts:

Seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk lulus S1 Teknik Informatika. Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer dalam 5 tahun terakhir. Saya suka berbagi tips dan tutorial di Internet. :)

Related Posts

  • Cara menghapus / uninstall Office 2013 (Office 365)

    Cara menghapus / uninstall Office 2013 (Office 365)

    1 Sep, 2012 - 4 Comments Generasi Office suite berikutnya dari Microsoft telah tersedia untuk percobaan pada Windows 7 dan...

19 Responses to "Cara uninstall / menghapus Windows 8"

  1. deddy p mengatakan:

    mas klo datanya tak backup di data1 gmna?

  2. ariev mengatakan:

    kalo win 8 nya sudah terinstall secara UEFI gimana mas?

  3. soni mengatakan:

    kalo mau unistal windows 8 mau ganti ke xp gmana ya??
    udah aku coba berkali2 rub boot dari cd tp yg ada malah blue screen

  4. denta ady mengatakan:

    mas cara menghapus windows 8 yang bisa gimana?

  5. Mirza mengatakan:

    Punya saya salah pasang tema seharusnya untuk w7 tapi saya salah pasang di w8 terus tampilannya berubah menjadi hitam tinggal kursornya aja yg keliatan, gimana tuh

  6. irul mengatakan:

    Mas. asalnya windows gw kan 7 trus gw ganti ke windows 8 tapi gg asli…
    mw gw kembaliin ke windows 7 gmna Bang..???

  7. Khoirul mengatakan:

    mas, lptop sya kn win8 ori trus mo gnti k win7 gmna cra nya, soale do bios boot ny gk ad plihan cd room…mhon pncerhan nya

  8. Uchiha Itachi mengatakan:

    klo di uninstall bakal ke format gk ???

  9. antonio mengatakan:

    Mas mau tanya, laptop sy pake win 8 bajakan, mau sy ganti dengan win 8 ori, bagaimna cara installnya?… apa sy harus unistall win 8 bajakan atau langsung aja diinstall win 8 ori… terima kasih… mohon bantuannya…

  10. anndri mengatakan:

    mas saya punya netbook awalnya windows 7, saya upgrade windows 8. tapi banyak yang ga suport. nah, ini mau balikin lagi ke windows 7 gimna? windows 7 sebelumnya sudah saya back up.

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 AplikasiPC. All rights reserved.
Dibawah Lisensi NetMedia Advertising.