4 Langkah Sederhana Agar Perfoma Komputer Selalu Seperti Baru

By | on 2 Des, 2013 | 1 Comment

Dengan melakukan bebrapa langkah perawatan atau istilah kerenya “Maintenance” maka komputer anda akan tetap seperti baru performancenya.Mungkin masih banyak orang yang mengabaikanya, namun dalam waktu sejam saja dalam jangka waktu sebulan sekali, maka komputer anda lelet dalam bekerja.Bagaimana agar komputer anda tetap gegas? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1 :

Pertama-tama buka Windows explorer, kemudian pilih drive partisi yang ingin anda “Maintenance”terlebih dahulu, disini akan kita coba drive C.

Langkah 2 :

Klik kanan pada drive C tersebut lalu klik properties >> Pilih pilihan “Disk cleanup” tunggu sampai proses selesai >> Bila proses sudah selesai akan muncul jendela baru, centang file yang ingin anda kompres >> Klik options… untuk menentukan berapa file tersebut dikompres >> tentukan berapa lama file tersebut di kompres, semisal 50 hari, lalu klik Ok >> Nanti akan ada pilihan Yes atau No pilih Yes untuk melanjutkan, Nanti Windows akan melakukan pengompresan, tunggu sampai proses selesai.

Disk Cleanup

Gambar Disk Cleanup

Langkah 3 :

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Error checking, klik kanan pada drive C, lalu pilih Properties >> Tools >> Check now >> Pilih error checking lalu centang semua pilihanya >> pilih Start untuk melanjutkan lalu klik Yes untuk melakukan.

Langkah 4 :

Langkah terakhir dalam perawatan kompi adalah melakukan Defragment, klik kanan pada drive C, lalu pilih Properties >> Tools >> Defragment now… >> lalu klik Analyze tunggu sampai proses selesai >> terkhir pilih defragment dan tunggu sampai proses selesai.

Lakukan hal yang sama pada drive lain semisal D atau E, atau sejumlah hardisk yang ada di komputer. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara rutin selama sebulan sekali maka performa komputer anda akan terasa seperti baru.

Tags: KomputerTrikTweaking agar komputer tidak leletcara agar komputer tidak lelettrik komputer terbarucara agar komputer tidak mudah errorcara merawat komputer agar tidak mudah errorcara agar komputer tidak selalu errortrik agar windows 7 tidak mudah erorperawatan komputer agar tidak eror

Author Description

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Author Contacts:

Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer di AskNet Media dalam 5 tahun terakhir. Ia seseorang yang aktif di Internet, dan suka berbagi tips dan tutorial seputar dunia IT.

Related Posts

  • Tema Windows Vista untuk Windows XP

    Tema Windows Vista untuk Windows XP

    23 Des, 2013 - 3 CommentsSebelum keluarnya Windows 7, Windows Vista masih tercatat sebagain pemilik tampilan terbaik dari
  • Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    2 Mar, 2014 - 0 CommentBanyak yang telah dikabarkan dan ditulis tentang sistem operasi Windows berikutnya, yaitu Windows
  • Dual boot dengan Windows 7 (Seven)

    Dual boot dengan Windows 7 (Seven)

    25 Jan, 2014 - 0 CommentNamanya juga masih versi beta, siapa yag tahu masih banyak ada kesalahan disana dan disini,
  • Tutorial Root Dan Install Aplikasi CMW Recovery Pada Samsung Galaxy S6

    Tutorial Root Dan Install Aplikasi CMW Recovery Pada Samsung Galaxy S6

    20 Mei, 2015 - 0 CommentProses rooting dalam sebuah perangkat (device) telah menjadi fenomena baru
  • Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    2 Apr, 2015 - 0 CommentBukanlah hal yang mustahil untuk mengubah pengaturan daya (Power Plan) pada sistem operasi Windows,

One Response to "4 Langkah Sederhana Agar Perfoma Komputer Selalu Seperti Baru"

  1. Ryan mengatakan:

    thx iia ^^

Leave a Reply

Submit Comment

© 2015 AplikasiPC. All rights reserved.
Dibawah Lisensi AskNet Media.